Mesin Pencari

Promo Prooposal Serba 1 Juta

Jumat, 16 Mei 2008

Penentuan Jenis Pakan

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa berdasarkan jenis makanannya udang bersifat omnivora yaitu jenis biota pemakan segala jenis makanan yang ada di dalam perairan terutama yang hidup di dasar perairan (demersal). Di habitat alaminya jenis makanan yang dikonsumsi oleh udang sangat bervariasi mulai dari detritus, tanaman dan hewan air yang berukuran kecil sampai bangkai biota perairan lainnya.

Sifatnya yang rakus terhadap berbagai jenis makanan yang dijumpainya mengarahkan udang pada sifat kanibalisme yaitu memangsa udang lainnya baik dalam kondisi lemah maupun yang sudah mati.

Di dalam kegiatan budidaya jenis pakan yang biasa diberikan/disediakan kepada udang antara lain :
  1. Pakan alami, yaitu jenis pakan yang tumbuh dengan sendirinya atau sengaja ditumbuhkan di dalam petakan tambak dan mempunyai sifat seperti di dalam habitat alaminya.

  2. Pakan buatan, yaitu pakan udang yang dibuat dalam skala industri dengan komposisi nutrisi dan gizi sesuai dengan kebutuhan udang dan diberikan untuk menyuplai makanan pada tambak dengan tingkat ketersediaan pakan alaminya telah menipis/habis sama sekali.

  3. Pakan segar, yaitu jenis pakan yang berasal dari hewan/biota perairan yang telah diolah sedemikian rupa dan diberikan dalam kondisi masih segar kepada udang dengan tujuan memperbaiki kualitas dan kondisi udang atau untuk meningkatkan nafsu makan udang yang terindikasi terkena masalah tertentu.

  4. Pakan tambahan lainnya, yaitu pakan yang bersifat sebagai suplemen dari pakan buatan dan dapat diberikan secara campuran dengan pakan buatan maupun terpisah dengan tujuan mengisi kekurangan nutrisi tertentu dari pakan buatan.
Meskipun terdapat beberapa jenis pakan yang bisa diberikan kepada udang di tambak, dalam penerapannya ke empat jenis pakan tersebut di atas biasa diberikan.

Anda menyukai artikel ini, silakan klik tombol oranye ini Subscribe in a reader

Artikel Terkait :

  1. Program Pengelolaan Pakan Udang - Latar Belakang
  2. Program Pengelolaan Pakan Udang – Dasar Pemikiran
  3. Program Pakan Udang
  4. Program Pengelolaan Pakan Udang 03 - Penentuan Jenis Pakan (lanjutan)- Pakan Buatan
  5. Frekuensi Pakan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar