Mesin Pencari

Promo Prooposal Serba 1 Juta

Senin, 12 Mei 2008

Program Pengelolaan Pakan Udang – Dasar Pemikiran

Pengetahuan dan pemahaman dari feeding habit dan food habit serta organ pencernaan udang adalah faktor yang mutlak untuk dikuasai dalam penyusunan program pemberian pakan yang akan diterapkan dalam kegiatan budidaya udang agar dapat tercipta adanya efisiensi dan efektifitas pemberian pakan yang dapat menghasilkan udang dengan kondisi dan kualitas yang menguntungkan dari segi produksi.

Beberapa dasar pemikiran yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pentingnya penyusunan program pemberian pakan udang antara lain:
  1. Ketersediaan pakan alami di dalam perairan tambak sebagai suatu ekosistem yang tertutup relatif sangat terbatas baik dari segi kualitas maupun kuantitas ditinjau dari tingkat kebutuhan udang untuk melakukan perkembangan dan pertumbuhannya.

  2. Ruang gerak udang di dalam perairan yang dibatasi oleh petakan tambak relatif sangat kurang, sehingga tidak memungkinkan udang untuk mencari alternatif pakan lainnya di luar lingkungannya.

  3. Pakan udang merupakan pemasok utama kebutuhan nutrisi dan gizi dengan komposisi seimbang yang diperlukan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan udang di dalam perairan dan tidak dapat diperoleh melalui pakan alami..

  4. Pakan udang dari segi finansial merupakan faktor yang paling besar peranannya dalam hal biaya produksi dibandingkan dengan faktor lainnya, sehingga penerapan program pakan yang tidak benar dapat mengakibatkan pembengkakan biaya produksi dan dapat memperkecil profit value yang didapatkan.

  5. Pakan udang merupakan penyumbang terbesar dalam proses akumulasi pengotoran dasar tambak dengan timbulnya lumpur hitam yang dihasilkan dari proses metabolisme udang dan sisa pakan yang tidak terkonsumsi bagi udang sehingga dapat membahayakan bagi udang.

  6. Tingkat kebutuhan pakan yang telah diberikan dapat dijadikan sebagai estimasi populasi dan biomass udang berdasarkan periode waktu tertentu.

  7. Pakan udang dapat berfungsi sebagai bahan organik yang dapat membantu proses pembentukan dan kestabilan air tambak, terutama pada perairan tambak dengan populasi udang yang padat dan tingkat kebutuhan pakannya relatif tinggi
Pembahasan di atas dapat memberikan gambaran tentang pentingnya penyusunan program pemberian pakan udang di dalam tambak melalui estimasi dan analisa kebutuhan pakan yang betul-betul cermat berdasarkan pengamatan dan identifikasi tingkat kebutuhan dan kondisi udang yang mengacu pada tingkat pengeluaran biaya produksi melalui pakan udang yang akan dan telah diterapkan. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam penyusunan program pakan untuk udang antara lain :
  1. Penentuan jenis pakan yang akan diberikan, yang meliputi pakan alami, pakan buatan, pakan segar dan pakan tambahan lainnya.

  2. Ukuran pakan, yaitu besar kecilnya pakan sesuai dengan umur dan kondisi udang di tambak..

  3. Jumlah pakan yang akan diberikan berdasarkan estimasi populasi dan biomass udang serta tingkat kebutuhan, kondisi dan kualitas udang pada saat itu.

  4. Frekuensi pemberian pakan dalam sehari berdasarkan estimasi populasi dan biomass udang serta tingkat kebutuhan, kondisi dan kualitas udang pada saat itu.
Satu hal yang sangat mendasar dalam penyusunan program pakan ini adalah terciptanya suatu kondisi yang mengarah pada program yang mengikuti keinginan dan kebutuhan udang, bukan sebaliknya udang harus mengikuti program yang telah disusun secara sistematis terlebih dulu. Program pemberian pakan yang direkomendasikan adalah program yang disusun berdasarkan pengambilan keputusan yang diperoleh melalui pengamatan kondisi dan kebutuhan udang secara cermat serta bersifat dinamis mengikuti perkembangan yang terjadi di lapangan. Pada situasi udang yang telah dikondisikan untuk mengikuti program pakan yang telah disusun sebelumnya dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah pada populasi dan kualitas udang serta secara tidak langsung berpengaruh pada kualitas perairan.

Anda menyukai artikel ini, silakan klik tombol oranye ini Subscribe in a reader

Artikel Terkait :

  1. Program Pengelolaan Pakan Udang - Latar Belakang
  2. Program Pakan Udang
  3. Program Pengelolaan Pakan Udang 03 - Penentuan Jenis Pakan (lanjutan)
    Pakan Buatan

  4. Program Pengelolaan Pakan Udang 02 - Penentuan Jenis Pakan (Pakan Alami)
  5. Frekuensi Pakan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar