Mesin Pencari

Promo Prooposal Serba 1 Juta

Senin, 27 September 2010

Musim Hujan, Jangan Malas Memberi Pakan Pada Udang

Pada saat musim hujan, program pemberian pakan (terutama yang terkait dengan pakan harian) biasanya terganggu baik itu frekuensi yang diberikan maupun tingkat rataan sebaran pakan dalam petakan. Kondisi ini lebih banyak dipengaruhi oleh faktor sumberdaya manusia terutama yang bertugas memberikan pakan pada udang.  Faktor yang terkait dengan kondisi ini adalah tingkat kedisiplinan dalam menjalankan program pakan yang telah ditentukan.

Memang tidak bisa dipungkiri, pada saat musim hujan biasanya menimbulkan rasa malas pada diri manusia.

Seperti telah disebutkan di atas bahwa aspek program pemberian pakan yang biasanya terganggu pada saat musim hujan adalah frekuensi pakan maupun tingkat rataan sebaran pakan. Jika dihubungkan dengan rasa malas yang muncul pada saat musim hujan, maka kondisi pemberian pakan yang terjadi adalah sebagai berikut:
  1. Tidak dilakukan pemberian pakan pakan pada saat  hujan.  Kondisi ini menyebabkan terjadinya pengurangan frekuensi pakan pada hari itu;

  2. Pada saat hujan, pakan diberikan kepada udang dengan cara tidak ditebarkan secra merata di dalam petakan tambak tapi hanya ditumpuk pada beberapa titik lokasi dalam satu petakan.  Kondisi ini menyebabkan pakan tidak menyebar secara merata.
Kedua kondisi tersebut di atas jika dilakukan berulang kali dalam satu periode dapat menyebabkan terganggunya kondisi udang terutama tingkat keseragaman udang bahkan pada kondisi ekstrim dapat menyebabkan penurunan populasi udang dengan dasar pemikiran sebagai berikut:
  1. Pakan yang diberikan secara tidak merata dalam satu petakan (hanya pada beberapa lokasi) menyebabkan sebagian udang dalam satu populasi tidak kebagian pakan untuk konsumsi.  Kondisi ini dapat menyebabkan tingkat pertumbuhan udang dalam populasi tersebut relative tidak sama, sehingga jika hal ini terjadi berulang kali, tingkat keseragaman udang dalam populasi tersebut akan bervariasi.

  2. Pengurangan frekuensi pemberian pakan terhadap udang pada saat tertentu dapat mengkondisikan udang dalam proses kanibalisme sebagai tuntutan terhadap kebutuhan pakan pada saat itu.  Proses kanibalisme yang terus menerus akan menyebakan penurunan populasi udang dalam satu periode budidaya.
Mengacu pada penjelasan tersebut di atas, maka meskipun musim hujan sebaiknya hindari rasa malas dalam memberikan pakan kepada udang. Faktor kedisiplinan merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam usaha budidaya udang terutama pada saat musim hujan. Bagaimanapun juga seperti sering diuraikan dalam pembahasan-pembahasan sebelumnya bahwa salah satu filosofi dasar budidaya udang adalah “kita mengikuti kebutuhan udang bukan udang yang menuruti keinginan kita”.   Mengacu pada kondisi ini maka dapat dikatakan bahwa udang juga selalu memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi pada musim apapun.  Maka pada saat musim hujan, sebaiknya hindari rasa malas untu memberikan pakan pada udang, karena pada saat hujan udang juga memerlukan pakan untuk dikonsumsi.

Anda menyukai artikel ini, silakan klik tombol oranye ini Subscribe in a reader

Artikel Terkait :

  1. Pengaruh Musim Terhadap Proses Budidaya Udang
  2. Waspada Terhadap Musim Hujan
  3. Frekuensi Pakan
  4. Keseragaman Udang dan Alternatif Pengelolaannya

2 komentar:

  1. ** Lele panen 29 hari,Belut panen 3 bulan,Udang panen 2 bulan

    Dengan pupuk ajaib BIBIT LELE DUMBO sebesar 5-7 cm panen dalam 29 hari isi 1 kg 7-8 ekor,hemat pakan 40%.Belut dari pembibitan sebesar kabel panen dalam 3 bulan berat rata-rata 500 gram/ekor.Pupuk ajaib Terbuat dari bahan organik murni 100%.Budidaya perikanan tanpa vaksin,antibiotik,dan vitamin lainnya.Bisa dengan pakan buatan sendiri atau pabrikan.Tersedia khusus tanaman,perikanan,peternakan dan untuk unggas.

    sms:0857-8178-5140
    http://berita-agrobisnis.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. terima kasih banyak sudah berbagi,.
    moga sukses selalu.
    jika ingin tau profil saya silahkan kunjungi..
    click this

    BalasHapus