Mesin Pencari

Promo Prooposal Serba 1 Juta

Senin, 11 Agustus 2008

Warna Air Tambak - 01 - Dasar Pemikiran

Warna air tambak pada dasarnya terjadi karena adanya dominansi jenis plankton tertentu yang tumbuh dan berkembang di dalam perairan tambak. Parameter ini dapat digunakan sebagai salah satu tolok ukur kualitas perairan tambak secara praktis melalui pengamatan visual dengan memperhatikan kondisi dan kualitas udang di dalam perairan tersebut dengan dasar pemikiran seperti berikut ini:

  1. Phythoplankton mempunyai karakteristik warna tertentu yang disebabkan oleh kandungan chlorophyl yang relatif berbeda antara jenis yang satu dengan yang lainnya.

  2. Plankton memiliki karakteristik sifat tertentu dalam melakukan proses kegiatannya baik itu biologi, kimia, fisika dan ekologi yang relatif berbeda antara jenis yang satu dengan yang lainnya.

  3. Phythoplankton merupakan produsen utama dalam rantai makanan yang ada di perairan tambak, sehingga dominansinya relatif berpengaruh pada kehidupan organisme lainnya.

  4. Tidak semua jenis plankton yang tumbuh dalam perairan tambak bersifat menguntungkan bagi udang atau organisme lainnya di dalam tambak, sehingga dominansi dari jenis tertentu akan berpengaruh pada tingkat kenyamanan organisme lain di dalam tambak.
Dasar pemikiran diatas memperlihatkan bahwa warna perairan tambak yang disebabkan oleh adanya dominansi jenis plankton tertentu dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan tentang kualitas air tambak. Faktor dominansi plankton di dalam tambak dapat terjadi karena pengaruh bibit plankton yang dimasukkan ke dalam tambak dan treatment yang diterapkan dalam proses penumbuhan dan pengelolaan plankton. Pada saat awal pembentukan air tambak bibit plankton yang dimasukkan ada kemungkinan sudah terjadi dominansi yang selanjutnya tumbuh dan berkembang di dalam tambak. Pada kasus lain bibit plankton yang dimasukkan ke dalam tambak belum terjadi dominansi, tapi treatment yang diterapkan memungkinkan terjadinya pertumbuhan dan perkembangan jenis plankton tertentu sehingga mendominansi perairan tambak.

Anda menyukai artikel ini, silakan klik tombol oranye ini Subscribe in a reader

Artikel Terkait :

  1. Kondisi Dasar Tambak – 03 - Dasar Pertimbangan
  2. Kondisi Dasar Tambak – 02 - Metode Pengamatan
  3. Kondisi Dasar Tambak - 01 - Latar Belakang
  4. Penggunaan Bahan Kimia – 02 - Tahapan Implementasi
  5. Penggunaan Bahan Kimia – 01 - Dasar Pemikiran
  6. Kecerahan Perairan Tambak - 1
  7. Waspada Terhadap Musim Hujan
  8. Metode Pengelolaan Kualitas Air Tambak 04 - Inokulasi Air
  9. Metode Pengelolaan Kualitas Air Tambak 03 - Pemupukan Air Tambak
  10. Metode Pengelolaan Kualitas Air Tambak 02 - Sirkulasi Air
  11. Metode Pengelolaan Kualitas Air Tambak 01 - Latar Belakang
  12. Pengelolaan Kualitas Air Tambak 04 - Kondisi Fisik Air Tambak
  13. Identifikasi Permasalahan Kualitas Air Tambak

1 komentar:

  1. tolong berikan penanganan masalahnya....

    BalasHapus