Mesin Pencari

Promo Prooposal Serba 1 Juta

Kamis, 05 Agustus 2010

Jangan Salah Mengambil Keputusan Pada Saat Fase Bulan Ke Tiga

Pada pembahasan-pembahasan terdahulu telah dijelaskan bahwa budidaya udang adalah suatu usaha yang bersifat profit oriented (berorientasi pada keuntungan finansial). Pengetahuan yang memadai tentang teknis budidaya tetap akan dianggap gagal jika dalam implementasinya tidak dapat memberikan keuntungan secara financial.

Mengacu pada dasar pemikiran tersebut, maka pelaku budidaya udang terutama para teknisi tambak perlu sekali memiliki kemampuan pengambilan keputusan terkait dengan tingkat keuntungan dan kerugian yang akan diperoleh jika pada saat tertentu ada suatu masalah yang terjadi selama proses budidaya udang berlangsung.

Fase bulan ketiga merupakan fase kritis dalam suatu usaha budidaya udang dengan dasar pemikiran sebagai berikut:
  1. Pada saat fase bulan ke tiga udang berumur sekitar 70 – 100 hari dengan berat rata-rata sekitar 10 gram – 15 gram pada kondisi normal. Pada saat tersebut dapat dikatakan harga udang masih belum optimal, sehingga jika dipanen pada saat itu total harga jualnya belum dapat memberikan tingkat keuntungan yang optimal pula.
  2. Fase bulan ketiga merupakan saat mulai terjadinya peningkatan penggunaan pakan udang, sehingga fase ini dapat dikatakan sebagai titik kritis terjadinya peningkatan biaya produksi secara drastis. Sebagaimana telah diuraikan juga dalam pembahasan sebelumnya, pakan udang merupakan penyumbang terbesar bagi biaya produksi dalam suatu usaha budidaya udang.
Mengacu pada kedua dasar pemikiran tersebut di atas, jika pada saat fase bulan ke tiga udang terkena suatu masalah, maka diperlukan suatu pengambilan keputusan yang tepat agar tidak menimbulkan tingkat kerugian yang sangat besar.

Beberapa faktor yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan antara lain sebagai berikut:
  1. Tingkat permasalahan yang terjadi

  2. Estimasi populasi udang pada saat itu dan pada fase berikutnya jika permasalahan yang terjadi dapat ditanggulangi.

  3. Estimasi tingkat keuntungan secara financial melalui perhitungan total harga jual udang dikurangi total biaya produksi (termasuk biaya yang telah dikeluarkan untuk pembelian pakan udang).
Berdasarkan ketiga faktor tersebut diatas, jika pada fase bulan ketiga udang terkena masalah maka tindakan yang diperlukan adalah pengambilan keputusan yang cepat dan tepat terkait dengan dilanjutkan atau tidaknya proses budidaya udang pada periode itu, agar tingkat kerugian yang diperoleh dapat ditekan seminimal mungkin.

Anda menyukai artikel ini, silakan klik tombol oranye ini Subscribe in a reader

Artikel Terkait :

  1. Panen Normal
  2. Panen Dini
  3. Panen Kuras
  4. Pemanenan Udang
  5. Keseragaman udang dan Alternatif Pengelolaannya
  6. Tingkat Keseragaman Udang
  7. Bagaimana Mencapai Nilai FCR (Food Conversion Ratio) Secara Optimal
  8. Jangan Terperangkap Target FCR (Food Conversion Ratio)
  9. Pakan Buatan Untuk Udang
  10. Program Pakan Udang
  11. Frekuensi Pakan
  12. Program Pengelolaan Pakan Udang 02 - Penentuan Jenis Pakan (Pakan Alami)
  13. Program Pengelolaan Pakan Udang 01 - Latar Belakang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar