Mesin Pencari

Kamis, 30 September 2010

Dilihat, Diraba dan Diterawang

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia judul tulisan ini barangkali merupakan sebuah kalimat yang tidak asing lagi. Judul tulisan kali ini memang terinspirasi dari sebuah iklan layanan masyarakat yang sering muncul di televisi tentang bagaimana cara membedakan antara uang asli dengan uang palsu.

Tentu saja tulisan ini tidak akan membahas tentang iklan layanan masyarakat tersebut, tapi pembahasan lebih ditekankan pada ketiga kata yang menjadi ikon dari iklan tersebut yaitu dilihat, diraba dan diterawang yang dapat diterapkan dalam mengidentifikasi kondisi dan kualitas udang secara praktis.

Pengetahuan-pengetahuan praktis pada usaha budidaya udang sangat diperlukan dalam memantau dan mengidentifikasi kondisi dan kualitas udang secara harian sebagai dasar pengambilan keputusan terkait perlakuan teknis yang akan diterapkan. Pengetahuan praktis tersebut biasanya dilakukan dengan memanfaatkan sebagian fungsi panca indera kita untuk mendeteksi perubahan-perubahan yang terjadi pada kondisi dan kualitas udang. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan cara dilihat, diraba dan diterawang pada saat melakukan monitoring pakan di anco maupun pada saat sampling. Adapun secara detail penjelasan makna dari dilihat, diraba dan diterawang adalah sebagai berikut:
  1. Dilihat, yaitu pengamatan visual secara langsung terhadap tingkat aktifitas udang pada saat dilakukan pengamatan. Pada kondisi normal udang akan terlihat sangat aktif bahkan akan berlompatan jika diberikan rangsang kejut, sebaliknya jika udang terlihat tidak aktif meskipun diberikan rangsang kejut maka dapat diindikasikan udang sudah terkena suatu masalah. Selain tingkat aktifitas udang, kondisi udang yang perlu dilihat adalah kelengkapan tubuh, warna kulit serta tekstur tinja udang.

  2. Diraba, yaitu mengetahui kondisi udang dengan menggunakan jari tangan. Caranya adalah sebagai berikut: (a) ambil satu sampel udang dan pegang dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk, kemudian rabalah seluruh bagian udang secara sekilas bagian ujung ekor udang dan rasakan apakah ada benjolan di bagian ekor tersebut. Udang dalam kondisi normal bagian ujung ekornya tidak ditemukan benjolan, (b) setelah diraba, tekan tubuh udang dengan menggunakan kedua jari tersebut untuk mengetahui tingkat kekenyalan tubuh udang

    Hal lain yang perlu diperhatikan pada saat kita memegang udang adalah tingkat reaksi udang dalam upayanya melepaskan diri dari pegangan kita. Udang dalam kondisi normal akan berupaya melepaskan diri dari pegangan kita dengan reaksi yang sangat aktif.

  3. Diterawang, yaitu pengamatan kondisi udang dengan cara melihat kondisi internal tubuh udang dengan di bawah cahaya matahari. Bagian tubuh udang yang bisa diamati secara diterawang adalah hepatopancreas dan usus udang sebagai indikator kondisi pencernaan dan tingkat nafsu makan udang (penjelasan secara detail terkait hal ini telah dijelaskan dalam pembahasan sebelumnya).
Pengamatan kondisi udang secara praktis seperti tersebut di atas sebaiknya dilakukan secara harian, sehingga perkembangan dan perubahan kondisi udang dapat dikenali secara dini. Meskipun metode pengamatan tersebut sangat sederhana, tetapi jika kita melakukannya secara rutin hasilnya akan sangat menentukan dalam pengambilan keputusan terkait dengan perlakuan teknis budidaya.

Anda menyukai artikel ini, silakan klik tombol oranye ini Subscribe in a reader

Artikel Terkait :

  1. Keseragaman udang dan Alternatif Pengelolaannya
  2. Tingkat Keseragaman Udang
  3. Kenali Kualitas Pakan Udang Anda Secara Praktis
  4. Parameter Praktis Kualitas pakan Udang
  5. Bagaimana Mencapai Nilai FCR (Food Conversion Ratio) Secara Optimal
  6. Jangan Terperangkap Target FCR (Food Conversion Ratio)
  7. Pakan Buatan Untuk Udang
  8. Program Pakan Udang
  9. Frekuensi Pakan
  10. Program Pengelolaan Pakan Udang 02 - Penentuan Jenis Pakan (Pakan Alami)
  11. Program Pengelolaan Pakan Udang 01 - Latar Belakang
  12. Proses Tebar Benur 01 - Latar Belakang
  13. Kecerahan Perairan Tambak – 03 – Indikator Pada Udang
  14. Kecerahan Perairan Tambak – 02 –Tingkat Kecerahan
  15. Kecerahan Perairan Tambak - 01- Latar Belakang
  16. Warna Air Tambak – 03 – Kriteria Warna Air
  17. Warna Air Tambak – 02 – Aspek Analisis
  18. Warna Air Tambak - 01 - Dasar Pemikiran
  19. Kondisi Dasar Tambak – 03 - Dasar Pertimbangan
  20. Kondisi Dasar Tambak – 02 - Metode Pengamatan
  21. Kondisi Dasar Tambak - 01 - Latar Belakang

1 komentar:

  1. Artikelnya bagus, bermanfaat,
    Kami menawarkan produk :
    - Kapur pertanian /Kaptan / Dolomite
    - Kapur Tohor /Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur Siram/ CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur mill/ CaCo3 /Kalsium Karbonat dll.
    -Zeolite
    -Bentonite

    Untuk informasi pemesanan Silahkan hubungi penjual :
    081281774186
    085793333234
    Lokasi Pabrik Di Padalarang Bandung Barat

    BalasHapus